Senin, 14 Juli 2008

The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS)

Gelaran The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 11 - 20 Juli 2008 di Jakarta Convention Center patut dikunjungi. Masuk dengan ticket Rp. 35 ribu pada hari Sabtu/Minggu rasanya lumayan mahal, ah tapi namanya juga pameran motor yach. Lagian kalau dilihat dari layout stand-nya memang pantaslah harga segitu.

Standar masuk pameran besar, pertama kali kena screening, pokoknya semua bawaan diperiksa. Peserta pameran diikuti sederatan nama berikut; Toyota, Honda, VW, Mercedes-Benz, Mitsubishi, Suzuki, Audi, Chery, Daihatsu, Ford, KIA, Hino, Hyundai, Isuzu, Foton, Mazda, Nissan, dan product dari tetangga sebelah Proton.


Satu-satunya stand non mobil yang besar adalah Piaggio, sang Italian street style. Harga terendah cuma Rp. 26 juta untuk kelas skuter Fly 125.
Menurut info untuk berkunjung ke pameran ini disediakan shuttle bus & taxi dari berbagai titik diluar pameran (Plaza Semanggi, Plaza Senayan, dan Airport) yang didukung Blue Bird tapi saya amati fasilitas ini tidak ada, sayang sekali saya check di terminal shuttle tidak ada bus yang standby dan tidak ada time table layaknya pameran-pameran besar di luar negeri. Sayang memang!

Secara umum pameran ini ya okaylah, hal menarik bagi saya adalah hadirnya mobil-mobil ramah lingkungan, electric vehicle, ataupun hybrid car. Di mana perusahaan automotif diharuskan me-resolve pencegahan polusi dan pemanasan global, diversifikasi sumber energi, dan me-reduce pemakaian minyak bumi.
Seperti MiEV keluaran Mitsubishi Motor adalah mobil dengan baterai lithium-ion, yang tinggal carge ulang jika baterai habis. Bentuknya memang imut karena memang tidak seperti mesin mobil berbahan bakar minyak yang ukurannya besar. Dalam MiEV cukup memakai motor kecil berefesien tinggi.

Sedangkan Toyota memamerkan FT-HS Hybrid Sports, mobil yang harmonis antara tenaga dan kemampuan menjaga kebersihan lingkungan.


Mobil sport ini berdimensi P: 4.325mm L: 1.860mm T: 1.290mm mampu mengangkut 4 orang dengan 2 orang beratap terbuka di bagian belakang. Dibagian lain Toyota juga menampilkan Toyota HSD Simulator (HSD: Hybrid Synergy Drive), merupakan simulasi system berkendara dengan mensinergikan motor listrik dan motor bensin, dengan memaksimalkan kelebihan dari kedua sumber daya tersebut.

Sedangkan Honda cukup menyedot pengunjung dengan very very environmentally stand, begitu masuk kita disodorkan dengan pandangan kerusakan bumi.

Setelah lewat lorong-lorong ini kita akan masuk ke booth Honda yang sangat bagus tata letaknya, tepat di tengah ruang Cendrawasih terdapat panggung dengan dikelilingi taman dan air mancur layaknya kita berada ditaman. Pintu keluarnya yang berbentuk lorong juga ditampilkan keindahan alam dan kemajuan technology.



Asimo menjadi maskot Honda di IIMS 2008, robot dengan tinggi 130 cm dan berat 54 kg ini merupakan Asimo generasi kedua. Cukup antusias orang tua dan anak-anak untuk melihat event ini. Saya rasa bagus sekali untuk mengajak anak-anak melihat Asimo, mereka akan bangkit bergerak imajinasinya. Robot ini dipameran menampilkan kemampuan untuk bergerak dalam pola lingkaran, berlari dengan kecepatan 6 KM/Jam, menyambut tamu dan bersalaman, bergandengan, membawa nampan minuman, dan berdansa.
Wajah anak-anak kecil sangat antusias melihat Asimo karena juga postur tubuh Asimo yang tidak begitu tinggi layaknya teman bermain saja. Anak-anak juga menirukan gaya Asimo saat melangkah persis screen show yang ditampilkan waktu peluncuran di Jepang. Suaranya pun dengan Bahasa Indonesia, dan bisa berceloteh “Ya iyalah, masak la iya dong!”. Sebenarnya sih ini rekaman saja karena 2 kali pertunjukkan selalu sama dan pembawa acaanya saja yang tinggal setting timing saat berkomunikasi dengan Asimo. Track-track berbentuk hitam kotak-kotak dilantai pertunjukkan adalah sensor untuk Asimo, dimana akan membatasi gerak-langkah Asimo.

Nah disediakan pula Asimo goods (souvenir Asimo) tentu dengan harga yang lumayan tinggi, jadi jika ada yang mau berkunjung dan mau membeli kenang-kenangan Asimo siapkan uang yang lumayan banyak, harga gantungan handphone dengan ada boneka Asimo segede jempol orang dewasa dibandrol harga Rp. 85 ribu, boneka Asimo ukuran kecil harganya Rp. 127 ribu, mug Asimo harganya Rp. 85 ribu, towel dan payung dihargai Rp. 180 ribu dan masih banyak lagi souvenir yang dijual. Rata-rata anak-anak sangat tertarik pada boneka Asimo, dan tidak asing lagi jika mereka merengek-rengek minta dibelikan karena memang sangat terimajinasi dengan Asimo. So siapkan uang cash yang banyak, pembayaran tidak bisa dengan kartu!! Aih…..

Sedangkan di booth Fuso, yang sejak lama dikenal di Indonesia dengan product truck. Dipameran ini menampilkan truck Canter Eco-D, bentuknya unik dan futuristik, coba bayangkan membawa pasir dan sayuran nantinya akan memakai truck seperti ini.
Upsss…..wong ngangkut orang aja di Jakarta masih memakai kendaran Bemo kok ya. Mari bermimpi!