Minggu, 10 Mei 2009

Car Free Day: Udara segar, badan kekar, dan koar-koar

URL: http://wahyuhandoko.blogspot.com
Car free day di Jakarta? Sudah lama saya mau ngikut tetapi tidak (belum) ada kesempatan. Untuk kali kedua, car free day diadakan di Jalan Pemuda, ini bertepatan dengan 10 Mei 2009. Ketika melenggang di jalan sepi memang enak.


Seperti apa sebenernya car free day itu:
01. Jalan Sepi
Itu pasti, setidaknya hanya bus transjakarta dan bus-bus umum yang melintas. Saya lihat ada 1 taksi yang masuk ke jalur car free day, uhummmm...kelihatanya yang naik kurang paham arti car free day, lantas saja di stop ama polisi dan putar balik.

02. Banyak Orang di Jalanan
Orang bebas duduk, jalan santai, dan bersepedaan di jalan raya yang biasanya padat.

03. Game
Yes, bisa maen game buat anak-anak. Ada lempar bola ke keranjang.

04. Main Bola

Ini khasnya car free day, selalu ada yang main bola tendang, baik anak-anak maupun dewasa. Dan bertanding beneran, ada wasit resminya pula. Cuhuiii tendang yang jauhhh...asal tidak nyemplung got deh!

06. Library
Wuihh...ini baru bakal menjadi calon negara maju. Di car free day, disediakan perpustakaan, 1 pakai mobil dan 1 pakai lesehan. Bisa bebas baca buku cerita, majalah, dan koleksi lain yang unik. Saya sih pilih Trubus, ya lumayan cukup mendidiklah. Tak lupa ada slogannya : "Gunakan waktu untuk membaca, jadikan buku sarana sukses dunia akhirat".

07. Poco-poco
Aerobik dan poco-poco, so pasti hadir juga. Dijamin badan kekar dan keringatan.



08. Musik
Jreng-jreng, mau lagu pop? Maen biola? Semuanya ada di car free day. Asyik emang, ya boleh saja deh, jadi rame koar-koar. Yang tampil pun gak cuma dewasa saja kok. Ada anak-anak yang pintar maen biola juga. Hemm mantap!

09. Billyard

Lengkap, mau main mini billyard juga ada. Yang maen cukup profesional juga saya lihat.
10. Jualan
Untuk yang satu ini saya memikirkan langkah berikutnya, kalau tidak diseleksi bisa jadi pasar tumpah. Sementara yang dijual dan tentu menjadi sponsor adalah minuman berenergi dan sepeda, ada juga tukang siomay yang ikut nebeng di stand :)

11. Bertemu Community

Bagus..bagus, bike to work Indonesia ini aktif ikut buka stand di car free day. B2W Indonesia ini jualan merchandise lengkap dan harganya standard, barangnya cukup bagus kok.

Hidup B2W Indonesia! Semoga pemerintah memberikan jalur bersepeda bagi community ini, ciri bangsa yang maju adalah makin banyaknya orang sadar bersepeda untuk beraktifitas.

Aku katakan community B2W adalah orang-orang yang smart dan peduli lingkungan.