Sabtu, 27 April 2013

Blusukan di Malaysia: Part II - Berganti Nama India, Retasan pada Account Bank


Memang maksud company membukakan account dengan bank asing ada tujuan, yaitu kemudahan di saat travel ke negara lain termasuk Indonesia. Namun kadang juga menyusahkan dengan jumlahnya branches dan ATMs dari bank tersebut di negeri bersangkutan yang terbatas. Normalnya memang kita mempunyai account di bank lain yang ada fasilitas kemudahan dengan bank-bank di tanah air, tentu ini untuk kemudahan pembayaran apapun: cicilan panci, setoran ONH, gaji buat tukang kebun, dan mungkin Anda mempunyai sejuta investasi di Indonesia tentunya.


Kini saya pun membuka account bank, untuk foreigner tentu membuka bank tidak semudah dengan yang bumiputera, mesti ada copy work permit dan reference letter dari company. Saya pun menaruh RM400 untuk awalnya, saya pun melakukan ganti pin dan registrasi internet banking di atm bank tersebut saat itu juga. Saya masuk ke ruangan kembali hanya ingin merapikan dokumen yang saya bawa, saya duduk di ruang tunggu. Tak lama ada orang yang menghampiri saya, saya kira itu petugas bank juga karena dengan uniform bank tersebut, saya memang tidak melihat detail. Dia menawarkan saya untuk melakukan registrasi internet banking yang memang disediakan di bank tersebut. Demi kebaikan saya masih menuju ke kiosk yang tersedia dan dia menawarkan membantu meregister, namun saya menolak "Ooo...thank for your offering, I will register later. I nak pergi sembahyang"  tolakan saya dengan senyum dan memang saat itu  hari jumat, harus datang ke masjid lebih cepat untuk makan nasi arab, bukan supaya duduk di baris satu tuh? :)

Nama akaun berubah menjadi nama India
Akhirnya saya meregister sesampai di kantor dan masih ada ucapan "Hi Wahyu Handoko,....", namun saat malamnya saya ingin melakukan payment dengan internet banking salamnya jadi nama India: "Hi Balakrisnan A/L Pitchamuthu!" dengan 3 account yang teregister. Sedang account punya saya tidak teregister, namun ketika saya mau mentransfer dari account yang teregister tersebut barulah nama account saya yang jadi 'source amount' artinya saya pun tidak bisa melakukan pembayaran dengan account yang terdaftar tersebut. Batin saya kalau bisa saya mau buat beli tiket ke Kolkata dan Tiruchirappalli, India. Namanya sistem, kan boleh coba-coba. 

Saya menelepon call center dan dinyatakan bahwa account saya di-suspect dan tidak boleh melakukan log-in sampai ada call dari bank. Namun saya tetap ragu dari kejadian tersebut, saya akan membuka account di bank lain.

Serial lengkapnya ada di Blusukan di Malaysia

Posting Komentar